10 Alasan Kenapa Harus ke Yogyakarta!

By: RajaKamar Admin , 25 April 2013

Mencari tempat yang asyik untuk liburan? Pertimbangan budget, jarak yang ditempuh, biaya penginapan, tujuan wisata apa yang menarik, serta banyak faktor lain yang mungkin membuat travelers memutar otak dan bingung mau pergi kemana ;)

Hmmm… untuk pilihan kota yang satu ini, travelers tak perlu pikir panjang! Yups.. Yogyakarta, Jawa Tengah. Berada di tengah Pulau Jawa dan mudah diakses dari manapun, banyak wisata bagus yang bisa disesuaikan dengan budget travelers, variasi penginapan murah pun banyak, dan masih banyak lagi alasan bagus kenapa memilih Yogyakarta, seperti berikut ini ;)

 

1.       Banyak pilihan wisata di kota Yogyakarta.

Travelers penyuka wisata alam? Ada Goa Pindul dan pilihan berbagai macam pantai seperti Pantai Parangtritis, Pantai Baron, Pantai kukup, serta wisata seperti Waduk Sermo. Untuk petualangan seru di Yogyakarta, travelers bisa mencoba Cave Tubing Goa Pindul, Caving Goa Cermai, Air Tejun Srigethuk, serta tracking ke Gunung Api Purba.

Wisata bersama keluarga dan anak-anak? Selain pantai di atas, pilihan Gembira Loka Zoo, Taman Pintar, Taman Pelangi, Taman Sari, Kids Fun juga ada di Yogyakarta.

Wisata budaya, Yogyakarta gudangnya. Ada keratin Yogyakarta, Museum Wayang Kekayon, Pertunjukan Sendra Tari Ramayana, Candi Prambanan, dan sedikit jauh ke Magelang Candi Borobudur yang sudah menjadi tujuan wisata Internasional.

Liburan tak bisa lepas dari belanja, ntah sekedar oleh-oleh atau membeli sebuah kenang-kenangan tentang kota Yoygyakarta. Datang saja ke Pasar Bringharjo, Malioboro, Sentra Gerabah Kasongan, atau Sentra Kerajinan Perak Kotagede.

 2.       Wisata murah dan terjangkau.

Yogyakarta, murah dan terjangkau. Travelers bisa memilih sesuai budget travelers, penginapan murah dengan variasi harga 100rbuan banyak tersedia, transportasi dan tiket masuk ke tempat wisata juga masih tergolong murah di kota ini. Soal makanan, travelers pun bisa memilih berbagai variasi makanan khas Yogyakarta dengan harga mulai ribuan saja. Urusan belanja murah, ada banyak tempat dimana travelers bisa mendapatkan oleh-oleh dengan harga murah meriah, tentunya pintar-pintarlah menawar :)

 

3.       Masyarakat Yogyakarta yang ramah.

Jika travelers berasal dari kota yang sibuk seperti Jakarta, pasti dapat merasakan perbedaan sambutan masyarakat Yogyakarta. Masyarakat asli Yogyakarta yang berada di daerah wisata Yogyakarta siap menyambut orang asing dengan senyuman ramah.

Saat travelers tersesat, coba bertanya ke penduduk lokal, petunjuk yang detail dan terperinci dengan bahasa yang ramah. Seakan-akan mereka ikut peduli jika travelers bakal tersesat :)

 

4.       Yogyakarta dapat dijangkau dengan mudah.

Terbang dari dan ke Yogyakarta baik domestik maupun internasional sudah tersedia, pilihan kereta api dan bus juga tersedia setiap harinya. Pilihan tarif termurah bisa menggunakan jasa kereta api dengan kelas ekonomi.

Transportasi ke tempat wisata juga banyak tersedia, travelers juga bisa memilih opsi lain, berkeliling dengan menyewa motor atau sepeda dengan harga yang pasti terjangkau.

 

5.       Kuliner lezat khas Yogyakarta.

Apa yang ingin travelers cicipi di kota Yogyakarta? Ada gudeg Yogyakarta, Bakmi Jawa, Soto Khas Yogyakarta, Mangut Lele Mbah Marto, Oseng-oseng mercon, Sate Klatak, Brongkos, serta cemilan khas Yogyakarta seperti bakpia. Semuanya ada dan tersedia dengan harga terjangkau dan rasa yang lezat :)

 

6.       Keunikan Yogyakarta, paduan warisan budaya kuno dan seni terkini.

Mengagumi keunikan kota Yogyakarta, warisan budaya kuno seperti Keraton Yogyakarta, berbagai macam Candi, musik gamelan, pertunjukan wayang, pagelaran seni budaya jawa, bahkan budaya berpakaian khas Jawa masih terpelihara unik dan terlihat dalam kehidupan sehari-hari di Yogyakarta.

Tak ketinggalan dengan seni terkini, tari modern berkembang dengan pesat, seni graffiti atau lukisan komtemporer sesuai dengan perkembangan seni terkini ada dan berkembang di Yogyakarta. Mengamati, mempelajari, dan merekam semuanya dalam jepretan kamera atau video travelers menjadi sebuah documenter sendiri yang mengasyikkan.

 

7.       Kota pelajar yang tenang dan masih hijau.

Sebuah kota yang cukup tenang dibandingkan kota-kota besar di Jakarta lainnya, travelers pun masih dapat bersepeda santai di jalanan kota Yogyakarta yang landai dan menikmati alam pedesaan Yogyakarta yang masih hijau dan berkesan lapang, dengan masyarakatnya yang ramah serasa kota mungil dengan suasana damai yang sulit travelers temukan di tempat lainnya J

 

8.       Suasana nyaman Yogyakarta.

Boleh dibilang, kota Yogyakarta memiliki aura tersendiri yang membuatnya serasa nyaman dan selalu kangen untuk kembali kesana. Selain faktor cuaca yang tidak terlalu panas, suasana tenang yang santai, masyarakat yang ramah, lingkungan yang cukup terjaga, serta kondisi yang kondusif dan aman berpadu menjadi sebuah atmosfir kota yang nyaman dan menyenangkan.

 

9.       Mengenal negeri sendiri.

Berminat untuk mempelajari budaya dan alam Indonesia? Yogyakarta bisa menjadi start awal yang tepat untuk memulainya. Sebuah masyarakat yang tetap menjaga kelestarian warisan hidup dari budaya masa lalu, tidak tergerus oleh kemajuan jaman tetapi juga tidak ketinggalan oleh kemajuan jaman sekarang ini. Temukan banyak hal yang bakal membuat travelers bangga akan keunikan kota Yogyakarta, dan sekaligus membuat kita berbangga memiliki Yogyakarta sebagai menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Mengenal dan bangga terhadap negeri sendiri ;)

 

10.   Kota dengan 1001 kenangan.

Dengan siapapun travelers bepergian, ntah dengan pasangan terkasih atau bersama keluarga besar, atau rame-rame dengan teman-teman sejawat, menikmati kota Yogyakarta pasti meninggalkan banyak kenangan yang membekas. Tidak percaya? Coba dulu.. wisata yuk ke Yogyakarta :)

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

Related Posts

1 Comment(s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>