8 Tempat Liburan yang Tidak Biasa di Jawa Barat

By: RajaKamar Admin , 08 July 2013

Mencari tempat liburan yang asyik? Tidak perlu bingung, Travelers bisa baca review 8 tempat liburan yang “tidak biasa” di area Jawa Barat berikut ini. Beberapa tempat asyik dan juga menantang, beberapa tempat lainnya masih sangat perawan dan belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan manusia. Penasaran tempat apa saja? ;)

1. Ujung Genteng. Ada apa di Ujung Genteng? Hmmm… keindahan alam yang luar biasa menakjubkan juga. Travelers bisa melihat indahnya sunrise juga sunset di satu titik, melihat indahnya makhluk alam pantai, si penyu cantik sedang bertelur, dan juga tak kalah indahnya bermain di air terjun ujung genteng. Jalur ke tempat ini cukup mudah dan mulus untuk dilewati, jarak sekitar 220an km dari kota Jakarta, cukup jauh, bisa ditempuh sekitar 6 s.d 7 jam perjalanan.

Image : alfajriblog.wordpress

Image : adventurepartner.wordpress

2. Pantai Sawarna. Pemandangan alam yang Indah adalah suguhan utama yang pantai yang satu ini, masih alami dan bisa dibilang masih perawan. Pasir putih dan pemandangan klasik alam pantai dengan pohon kelapa di sekitarnya menyajikan sebuah ketenangan di tengah deburan ombak pantai. Pantai yang masih polos ini memang  belum banyak terjamah manusia, sehingga fasilitas memang masih sangat minim. Tapi, dijamin alamnya benar-benar mempesona. Dari Bandung, Pantai Sawarna dapat ditempuh 8 sampai 10 jam perjalanan.

Image : jelajahbumipapua

3. Green Canyon. Mirip dengan Green Canyon Amerika, itulah sebabnya tempat wisata di Cukang Taneuh Pangandaran ini dikenal dengan istilah Green Canyon. Aliran Sungai Cijulang membelah kokohnya tebing Green Canyon dan menawarkan sebuah pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Mengarungi Green Canyon dari atas perahu seperti melihat seribu pahatan tebing alami yang menjulang begitu indah. Jika dari Jakarta, Green Canyon dapat ditempuh 8 sampai 10 jam perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi.

Image : @septihalim3

4. Goa Lalay. Goa Lalay terletak di kaki Bukit Pasir Tangkil, berada di area Kampung Cipanas, masih satu wilayah dengan Pantai Sawarna di Desa wisata Sawarna. Lalai merupakan bahasa sunda yang berarti kelelawar, disinilah sarang dari ribuan kelelawar, sehingga dijuluki sebagai goal Lalai atau kelelawar. Goa ini juga dialiri aliran air yang cukup besar dan beberapa area berlumpur. Di saat yang tepat, Travelers bisa menyaksikan gerombolan kelelawar yang terbang bersamaan seperti awan kelabu yang tiba-tiba muncul. Cukup menantang untuk dikunjungi :)

Image : info_tempat

5. Telaga Warna Puncak. Tepat berada di lokasi Puncak dan mudah untuk dijangkau. Pintu masuk sedikit tersembunyi, telaga yang satu ini tidaklah terlalu besar, tapi hijau, asri, dan menyegarkan. Travelers bisa sejenak bermain dengan rakit yang terbuat dari bambu, ada fasilitas permainan flying fox yang biasanya hanya ada saat hari libur atau weekend.  Iseng bermain dengan sekelompok monyet? Beberapa monyet liar bisa Travelers amati, tapi sebaiknya sedikit berhati-hati ;) Teduh dan menenangkan, inilah hal yang utama yang bisa Travelers nikmati di telaga warna.

Image : nu3tara

6. Curug Cikaso. Curug Cikaso, air terjun dengan ukuran yang cukup besar, air yang bening meluncur dari ketinggian 20-an meter,  keren, megah, dan mempesona. Jika Travelers beruntung, tunggu sinar matahari bersinar menyapu air terjun Cikaso dan lihatlah indahnya pelangi alam tepat didepan Travelers. Angin yang berhembus membuat rintik-rintik hujan bakal menyapa Travelers jika berada dekat dengan air terjun cantik yang satu ini.

Image : alam_priangan.wordpress

7. Puncak Darajat, Garut. Tidak hanya di Bogor ada Puncak, tetapi di Garut juga terdapat sebuah area puncak yang cukup terkenal dengan nama Puncak Darajat. Puncak darajat berada di kaki Gunung Papandayan dan berjarak sekitar 24 km dari pusat kota Garut. Di puncak inilah Travelers bisa menikmati pemandangan alam Garut yang elok, Travelers juga bisa menikmati pemandian air panas, outbound di alam hijau. Dengan sarana wisata yang cukup lengkap, Travelers tak perlu kuatir, hotel dari berbagai macam variasi harga serta restaurant dan makanan khas Garut dapat dengan mudah dijumpai disini :)

Image : blogspot

8. Citumang – Pangandaran. Lokasi wisata uang satu ini bisa menjadi alternatif seru bertualang bersama keluarga. Sungai dengan warna jernih kebiruan ini berada di Desa Bojong, Pangandaran, Jawa Barat. Gemericik air di tengah hijaunya pepohonan menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang mempesona. Aliran sungai Citumang seperti “kolam arus” yang terbuat dari alam. Aliran air yang tidak begitu deras dimanfaatkan sebagai tempat berenang yang asyik, atau bermain air seperti body rafting yang tentunya didampingi oleh staf yang berpengalaman. Mengarungi sungai yang satu ini bersama teman atau keluarga, bakal membuat liburan Traveles makin seru dan tak terlupakan :)

Image : jengratuhotel

Liburan ke Jawa Barat? Untuk pilihan hotel murah Travelers tinggal klik rajakamar.com dan temukan berbagai tawaran hotel murah di area Jawa Barat :)

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>