Ada Museum Mini di Tengah-Tengah Pasar Batu Aji, Jatinegara

By: Rajakamar Admin , 09 August 2012

Sumber Gambar: travel.detik

Pasar Batu Aji yang sekarang bernama Jakarta Gems Center merupakan pusat jual beli batu mulia. Pasar yang letaknya persis di depan Stasiun Jatinegara ini ramai dikunjungi pengunjung setiap harinya. Tempat jual-beli batu akik ini meruapakan terbesar kedua di Asia Tenggara dan sudah dikenal hingga ke luar negri.

Pembeli lokal yang sering berbelanja di pasar ini kebanyakan berasal dari Kalimantan, Sumatra, dan Bangka. Sedangkan pembeli mancanegara kebanyakan dari Korea Selatan, Malaysia, dan Arab Saudi. Menurut ketua asosiasi pedagang batu, Muhammad Chamami Aziz, Indonesia memiliki dua batu terbaik di dunia setelah Sri Lanka, yakni batu Kalimaya dari Banten, dan Kecubung dari Kalimantan.

Sumber Gambar: travel.detik

Museum mini atau galeri yang ada di pasar ini berada di lantai satu. Tidak hanya jumlah koleksinya yang banyak, namun nilai sejarahnya juga tinggi. Yang merupakan koleksi paling berharga di museum mini ini adalah batu Kecubung dari Brazil. Batu berwarna ungu menyerupai Kristal ini, dikirim langsung dari Brazil kira-kira 6 bulan lalu. Batu ini diberikan ke museum ini sebagai penghargaan kepada Indonesia sebagai negara penghasil batu terbaik di dunia.

Koleksi lainnya yang tersimpan di galeri ini adalah lukisan-lukisan, fosil, dan akar-akar yang umurnya ratusan tahun. Asal dari koleksi museum ini bermacam-macam, ada yang merupakan pemberian, ada juga yang merupakan titipan dari pedagang. Menurut Aziz, museum mini ini bisa dijadikan wisata belanja yang mampu menarik wisatawan, namun perhatian pemerintah masih kurang terhadap tempat ini. Untuk dapat mengunjungi museum mini atau galeri ini tidak dipunguti biaya alias gratis.

(Berbagai Sumber)

Be Sociable, Share!

Related Posts

Leave a Reply

Mari budayakan berkomentar positif, setiap komentar yang bermuatan negatif, berbau SARA, spam, menggunakan bahasa kurang sopan, memicu pertikaian, atau tidak berhubungan dengan artikel terkait tidak akan ditayangkan dalam blog Rajakamar.

Kolom komentar bertujuan untuk berbagi info seputar artikel yang terkait, berbagai ide dan pengetahuan positif dengan pembaca lainnya, menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta menyebarkan semangat positif untuk berbagi.Mari lebih bijak dalam berkomentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan. Field yang wajib diisi diberi tanda *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>