Candi Plaosan, Yogyakarta

By: Rajakamar Admin , 10 May 2012


Candi Plaosan merupakan candi Budha yang terdiri dari dua candi utama yaitu, Candi Plaosan Lor yang letaknya ada di sebelah kiri, dan di sebelah kanan terdapat Candi Plaosan kidul. Letak candi Plaosan berada di daerah Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Yogyakarta dan berada 1 Km arah timur dari Candi Sewu.

Di bagian selatan salah satu candi terdapat relief ukiran yang menggambarkan laki-laki, dan relief ukiran wanita di candi yang satu lagi.

Candi Plaosan Lor memiliki dua candi utama yang tingginya 21 meter. Candi ini dikelilingi oleh tembok yang panjangnya 50 meter dan memiliki lebar 14 meter. Pada bagian tembok terdapat gambar Bodhisatwa, Kinnara, dan dewa-dewa perempuan lainnya. Dua candi utama tersebut masing-masing memiliki 6 ruangan dan 2 lantai. Dahulunya di lantai bawah terdapat patung Budha yang terbuat dari tembaga, namun sekang patung tersebut sudah tidak ada. Dan di keliling oleh dua patung Bodhisatwa. Juga terdapat relief di bagian tembok yang menggambarkan pemberian. Untuk lantai atas terdapat relic dan benda lainnya yang disucikan.

Candi Plaosan Kidul memiliki dua bangunan utama. Pintu masuknya dihiasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan sebagian Kala Makara yang didekorasi dengan menggunakan antefixe.

Sayangnya di sekitar Candi Plaosan terdapat candi-candi dan situs-situs yang kurang tidak dipelihara sehingga sekarang menjadi seperti reruntuhan.

(Berbagai Sumber)

Be Sociable, Share!

Related Posts

1 Comment(s)

  1. Pingback: Pasar Batik Terlengkap di Yogyakarta, Pasar Beringharjo | Ahlinya Hotel Indonesia

Leave a Reply

Mari budayakan berkomentar positif, setiap komentar yang bermuatan negatif, berbau SARA, spam, menggunakan bahasa kurang sopan, memicu pertikaian, atau tidak berhubungan dengan artikel terkait tidak akan ditayangkan dalam blog Rajakamar.

Kolom komentar bertujuan untuk berbagi info seputar artikel yang terkait, berbagai ide dan pengetahuan positif dengan pembaca lainnya, menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta menyebarkan semangat positif untuk berbagi.Mari lebih bijak dalam berkomentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan. Field yang wajib diisi diberi tanda *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>