Curug-Curug Indah Ini Menghiasi Kota Sukabumi

By: RajaKamar Admin , 01 August 2013

Berbicara tentang Kota Sukabumi tidak bisa dipisahkan dengan berbagai objek wisata alam yang luar biasa yang tersebar di setiap sudut wilayahnya. Mulai dari wisata air terjun, gua-gua, sumber mata air panas, pegunungan, bumi perkemahan hingga pantai-pantai indah yang tersebar hingga ke pelosok Sukabumi. Nah, kali ini anda akan disuguhkan oleh keindahan curug-curug yang banyak jumlahnya dan salah satunya mungin menarik minat anda mengunjunginya.

Image : dibalikwajahindonesia.blogspot.com

1. Curug Cikaso

Air terjun yang sebenarnya bernama Curug Luhur ini memang lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso. Bukan apa-apa, air yang mengalirinya memang berasal dari anak Sungai Cikaso. Untuk menuju curug ini travelers butuh seorang pemandu, sebab rute menuju curug ini tidak memiliki penunjuk jalan sama sekali.

Biaya Rp.100.00 untuk seorang pemandu dirasa sesuai karena medan yang dilewati cukup selain karena tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, anda juga harus melalui jalan-jalan kecil dan ladang milik penduduk. Ada alternatif bila anda tidak ingin melalui jalur darat, ada jalur sungai yang menjadi favorit wisatawan untuk menuju Curug Cikaso. Selain ‘hemat’ tenaga, travelers pun akan disuguhi pemandangan menakjubkan ala “Grand Canyon” sepanjang aliran sungainya. Wow!

Curug ini terletak di di kampung Ciniti, Kecamatan Cibitung – Jampang Kulon, yaitu sekitar70 km dari Pelabuhan Ratu. Di kawasan ini juga terdapat curug yang tidak kalah menawan dengan Curug Cikaso, yaitu Curug Cingangsa. Hanya sekitar 10 km dari Curug Cikaso.

Image :  www.merbabu.companjirelawan.deviantart.com

2. Curug Sawer

Curug cantik yang satu ini masih berada dalam Kawasan Wisata Situ Gunung – Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP) bersama-sama dengan danau cantik Situ Gunung. Untuk menempuhnya travelers membutuhkan perjuangan dan semangat khusus selain karena medannya yang menantang, jaraknya juga relatif jauh dari wisma yang ada di Situ Gunung. Curug ini terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Image : asepparizal.blogspot.com 

3. Curug Cangkuang

Travelers yang pernah berkemah di Wana Wisata Cangkuang tentunya sudah mengenal Curug Cangkuang ini. Meskipun udara pegunungan yang dingin menyelimuti kawasan curug ini, saat travelers menceburkan diri ke kolamnya, dijamin tidak akan kedinginan. Air curug ini terkenal hangat karena mengandung belerang.

Curug ini berada sekitar 1 km dari pinggir jalan aspal dekat pintu masuk gerbang dengan melewati kawasan hutan pinus. Sedangkan wana wisata Cangkuang yang menaunginya berada sekitar 12 km dari pinggir jalan Raya Sukabumi ke area Wana Wisata Cangkuang.

Image : kukun.tumblr.com

4. Curug Cikanteh

Sebenarnya curug ini memiliki tiga nama sekaligus. Ini karena curug tersebut memiliki tiga tigkat terjunan air, yang paling dasar bernama Curug Sodong, lalu Curug Ngelai dan terakhir Curug Cikanteh. Saking indahnya, curug ini dianggap sebagai salah satu surga tersembunyi di Sukabumi.

Travelers harus menyusuri semak-semak, menyebrangi sungai, dan mendaki bukit hanya untuk menemui air terjun yang berdiri kokoh dengan keanggunannya. Curug ini terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Sekitar 4 km (1 jam perjalanan) dari pusat desa Ciwaru

Untuk urusan hotel murah di sekitar Jawa Barat, klik saja rajakamar.com atau hubungi call center Rajakamar di (021)500012 :)

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>