Hangatnya Teh Talua khas Bukittinggi

By: Rajakamar Admin , 17 September 2012

Sumber Gambar: travel.detik

Mengunjungi kota Bukittinggi yang terkenal dengan Jam Gadang akan terasa lebih mengasyikkan bila kita juga mencicipi salah satu minuman khas di sana yaitu Teh Talua. Rasanya yang hangat sangat cocok untuk dinikmati malam hari yang sangat dingin di kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Malam hari di Bukittinggi terlihat sangat cantik dengan adanya Jam Gadang yang menjulang tinggi dengan cahayalampu taman yang ada di sekitarnya. Selain itu Anda juga bisa menikmati pemandangan sebagian kota Bukittinggi dari ketinggian di lokasi yang tidak jauh dari Jam Gadang.

Di sekitar Jam Gadang juga bisa kita temui aneka kuliner khas salah satu kota di provinsi Sumatera Barat ini. Anda bisa menjumpai pedagang nasi goreng, sate, dan beberapa pedagang lainnya. Anda bisa memilih makanan yang sesuai dengan selera Anda, namun untuk minumannya sangat disarankan untuk memilih Teh Talua.

 Sumber Gambar: travel.detik

Tidak seperti minuman yang terbuat dari teh lainnya, Teh Talua menggunakan telur sebagai salah satu bahannya. Hal ini sesuai dengan bahasa setempat, Talua yang berarti telur. Jadi memang Teh Talua artinya teh yang dicampur dengan telur. Telur yang dipakai biasanya telur itik atau telur ayam.

Pedagang teh talua akan mencampur teh dengan telur segar. Tidak semua bagian telur dipakai, hanya bagian kuning telurnya saja dan dikocok menggunakan mixer, kemudian di seduh dan siap untuk dinikmati ditengah dinginnya udara Bukit Tinggi.

 Sumber Gambar: travel.detik

Walaupun menggunakan telur, minuman ini tidak terasa bau amisnya, bahkan tercium sangat wangi. Aroma wangi ini disebabkan oleh penambahan kayu manis yang dipercaya bisa menghilangkan bau amis telur. Warna dari minuman ini kecoklatan dan terlihat cukup pekat.

Teh Talua dipercaya oleh masyarakat setempat berkhasiat untuk menghangatkan badan dan bisa membuat badang segar kembali karena menggunakan kuning telur. Anda bisa menikmati minuman ini hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 6.000-10.000 saja.

(Berbagai Sumber)

Be Sociable, Share!

Related Posts

Leave a Reply

Mari budayakan berkomentar positif, setiap komentar yang bermuatan negatif, berbau SARA, spam, menggunakan bahasa kurang sopan, memicu pertikaian, atau tidak berhubungan dengan artikel terkait tidak akan ditayangkan dalam blog Rajakamar.

Kolom komentar bertujuan untuk berbagi info seputar artikel yang terkait, berbagai ide dan pengetahuan positif dengan pembaca lainnya, menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta menyebarkan semangat positif untuk berbagi.Mari lebih bijak dalam berkomentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan. Field yang wajib diisi diberi tanda *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>