Jalan – Jalan Murah ke Singapore Ala Backpacker

By: RajaKamar Admin , 14 May 2013

Jalan – jalan ke Singapore? Terkesan mahal dan butuh budget yang lumayan banyak. Tapi, jangan salah, backpacker ke Singapura juga bisa. Memang tidak bisa sangat murah seperti backpacker ke Bandung atau tempat yang dekat dengan Jakarta, tetapi urusan budget juga bisa ditekan saat jalan – jalan ke Singapore ala backpacker :)

Tips awal, planning jauh-jauh hari! Kenapa? Karena pemesanan tiket pesawat akan jauh lebih murah jika travelers memilih rentang waktu yang cukup lama atau manfaatkan promo penerbangan dengan harga murah yang biasanya berlaku untuk tahun ke depannya. Early bird fare penerbangan Jakarta Singapore berkisar Rp 265.000,- s.d Rp. 500.000,-, begitu juga untuk tiket kembali yang berjarak sekitar 4 hari. Ala backpacker, berarti travelers memilih yang termurah, pilihan tiket murah biasanya berlaku weekdays, jadi jangan lupa planning cuti ya :)

Selain planning cuti, sangat disarankan travelers juga sudah tahu tempat mana saja yang akan dikunjungi. Internet menyajikan banyak informasi mengenai Singapore, berapa jarak dan waktu tempuh serta berapa biayanya. Sehingga sesampainya di Singapore, travelers tak perlu menghabiskan waktu banyak hanya untuk mencari-cari, tetapi sudah tahu kemana harus melangkah.

Namanya juga backpacker, jadi pilihan menginap yang tepat adalah di hotel yang murah alias hostel :) Variasi harga hostel di Singapura berkisar SGD 20 s.d SGD 90an (dalam rupiah sekitar Rp 150ribu s.d 900ribuan). Tapi perlu diingat, hostel murah menghitung biaya per tempat tidur, karena makin murah maka dalam satu ruangan makin banyak tempat tidur, jadi travelers tidak berada di kamar privat. Kecuali travelers mau membayar lebih seharga kamar hotel J. Soal sarapan, hostel biasanya menyediakan sarapan roti gratis, lumayan untuk mengisi perut di pagi hari, tetapi beberapa hostel juga benar-benar hanya menyediakan tempat tidur & kamar mandi saja. Hostel cukup laris di Singapore, sebaiknya memesan terlebih dahulu lewat online.

Berikut beberapa rekomendasi hostel murah : 5footway.inn, pillows & toast hostel, ABC Hostel, Kawan Hostel, Footprints Hostel, Fernloft Hotel, Backpackers Cozy Corner Hotel, Inn Crowd, Hotel 81 – Geylang, dan beberapa hotel murah yang bisa travelers temukan lewat google atau blog-blog backpacker.

Bagaimana dengan makanan dan minuman? Singapore memang terkenal dengan biaya hidup yang cukup mahal. Misalnya, air minum mineral dengan kemasan dan merk yang sama bisa dijual dengan harga hampir 8 s.d 10 kali lipat di Singapore dibanding Indonesia. Jadi, pintar-pintarlah memilih tempat makan. Tempat makan yang murah biasanya ada foodcourt mall, restoran fast food, atau makanan pinggir jalan. Untuk backpacker, sebaiknya tidak memilih resto, karena harga makanan cukup mahal. Pilihan makan yang murah, sekali makan 2 – 3 SGD, di resto harga bisa 3 kali lipatnya. Sedangkan untuk minuman, termurah 1 SGD dalam kemasan 1500ml, sebaiknya travelers membawa botol minum kosong yang bisa diisi free drinking water.

Untuk transportasi, Singapore memiliki MRT, Bis, Monorail yang mudah diakses dan menghubungkan berbagai kota dan tempat wisata. Untuk menggunakan transportasi tersebut, travelers bisa membeli kartu EZ link, harga 15 SGD dengan isi 10 SGD. Tapi, untuk jarak dekat, disarankan travelers banyak berjalan kaki. Singapore merupakan Negara yang ramah terhadap pejalan kaki, travelers pun bisa menikmati suasana asli kota Singapore.

Ingin tetap berkomunikasi? Travelers bisa membeli kartu telepon Singapore di gerai seperti Seven Eleven, harga 15 SGD bisa mendapatkan paket full service selama 7 hari di sana, lengkap dengan paket sosial media, whats app, dan intenet. Jika ingin lebih hemat, disarankan memilih hostel dengan free wifi, untuk sementara komunikasi lewat internet saja ;)

Berwisata kemana saja? Sebagai backpacker, pilihan wisata gratis atau murah adalah sesuatu yang wajib dipilih! Kemana saja saat berada di Singapore? Beberapa tempat berikut bisa menjadi tujuan travelers :

  • Esplanade/Merlion Park. Tempat wajib untuk berfoto dengan icon Singapore. Terletak di  Taman Merlion, One Fullerton, bisa dijangkau dengan MRT turun di stasion Raffles Place atau City Hall, seterusnya berjalan kaki.
  • Kampung Arab di North Bridge Road, terletak Mesjid Sultan (Sultan Mosque) dan Malay Heritage Centre.
  • China Town, ada Kuil Thian Hock Keng,  Pura Sri Mariamman, Smith Street Wet Market, dan Food Street.
  • Little India di sepanjang Serangoon Road. Tempat menarik untuk dikunjungi adalah Masjid Abdul Gafoor, Sri Veeramakaliamman Temple, Tekka Marked and Little India Arcade.
  • Katong. Terletak di East Coast Road dan Joo Chiat Road, tempat jajanan makanan yang menarik dari berbagai penjuru, seperti di Geylang Serai, tempat beragam makanan melayu disajikan dengan menarik, tempat makan seafood sepanjang pantai timur dan lainnya.
  • City Hall dan Padang di antara Connaught Drive dan St. Andrew’s Road. Lapangan luas tempat bersejarah berdirinya negara Singapura.
  • Bideford Junction Crosswalk di daerah Orchard.
  • Haw Par Villa di Pasir Panjang Road, taman berisi patung dan diorama tentang kebudayaan cina. Terdapat patung Budha Tersenyum (Laughing Budha), the Goddest of Mercy (Dewa Kasih Sayang), dan Ten Courts of Hell.
  • Raffles Landing Site, tempat bersejarah, pendaratan pertama Gubernur Singapura Sir Stamford Raffles. Terdapat patung putih Raffles yang menghadap sungai Singapore. Tempat menarik di sekitar ini adalah Clarke Quay yang terlihat sangat indah di malam hari, Masjid Omar Kampong Malaka, Kuil Tan Si Chong Su, Berlayar di Sungai Singapore dan mengunjungi Asian Civilisations Museum atau Empress Place.
  • Taman Kota Singapore, terdapat hampir di setiap distriknya, dari taman kota medium seperti Fort Canning Park sampai yang terbesar yaitu Singapore Botanic Garden.

Nah, jika digabung, berikut perkiraan biaya kasar untuk backpacker ke Singapore selama 4 hari 3 malam:

  • Tiket pesawat PP (hunting promo)                                                           Rp. 650.000,-
  • Hostel 3 malam @30 SGD. Total 90 SGD                                               Rp. 702.000,-
  • Makan 7 kali @ 3SGD (Breakfat free dari hostel) Total 21 SGD              Rp. 163.800,-
  • Minum 1 SGD/hari (plus manfaatkan free drinking water)                        Rp.   31.200,-
  • Transport MRT (plus banyak jalan kaki J) 15 SGD                                   Rp. 117.000,-
  • Airport Tax Jkt-Sing (dari Sing-Jkt biasanya tax include tiket)                  Rp. 150.000,-
  • Biaya lain-lain (skitar 23 SGD)                                                                  Rp. 186.000,-

                        Total Biaya 4 Hari 3 Malam + Tiket PP*                              Rp. 2.000.000,-

*Harga berubah sewaktu-waktu, perhitungan memakai rate SGD 7.800

Nah, berminat ke Singapore? Backpacker ke Singore tidak lebih mahal jika dibandingkan dengan wisata dalam negeri ke tempat-tempat eksotis seperti RajaAmpat, Pulau Kanawa, area Papua atau timur Indonesia yang sekali perjalanan memakan biaya tiket saja sekitar 1 s.d 2 juta J. So, tidak ada salahnya sekali-kali mencoba petualangan ke negeri tetangga :)

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

Related Posts

16 Comment(s) s

  1. rinrin on May 19, 2013 at 5:08 am said:

    info yang menarik bulan juli ini saya mau ke singapore, hostel mana ya yang murah n nyaman n kl bisa ada breakfastnya, kita berempat lo

    1. RajaKamar Admin Post author on May 21, 2013 at 3:46 am said:

      Dear rinrin, untuk hotel Singapore mohon hubungi langsung ke 500012 atau 021500012 dari ponsel Anda. Terimakasih

  2. nindya on May 18, 2013 at 1:55 am said:

    Dear rajakamar ..
    Thanks tas info na ..
    Sy akhir tahun in rencana mau k singapore .. !!
    Kira2 brp harga tiket pesawat n hotel y … ??
    Bs tdk booking tiket pesawat n hotel d raja kamar .. !!
    Tp cariin yg murah ..??

    1. RajaKamar Admin Post author on May 21, 2013 at 3:51 am said:

      Dear Nindya,

      Pada dasarnya, Rajakamar hanya menyediakan hotelnya saja. Tetapi untuk saat ini kami ada promo tiket+hotel disk. s.d 10% yang berlaku sampai akhir Agustus 2013 saja. Mungkin Anda bisa memanfaatkan promo tersebut, kterangan selengkapnya bisa dilihat di http://www.rajakamar.com/zonauntungesia
      Bisa dapat disk. tiket pesawat sebanyak 10% berlaku untuk sriwijaya air, diskon hotel singapura 10%, plus cashback dari rajakamar.
      Promo ini berlaku melalui call center rajakamar di 500012 or 021500012.

      Selamat merencanakan liburan Anda ;)
      Terimakasih

    1. RajaKamar Admin Post author on May 16, 2013 at 7:17 am said:

      Dear Viva,
      Artikel tersebut sebagai gambaran saja, rajakamar tidak menyediakan tour atau paket ke Singapore. Terimakasih :)

    1. RajaKamar Admin Post author on May 16, 2013 at 1:40 am said:

      Dear Yusuf, artikel di atas asumsi tiket dan perjalanan selama di Singpore saja, diluar urusan dokumen. Backpacker berarti melakukan perjalanan dengan budget minimalis dan harga termurah, terimakasih

  3. Nice Info :)

    Tapi untuk biaya mungkin masih terlalu mahal.

    Saya pernah baca blog backpacker ke Singapur dan Malaysia, dia backpacker 4 hari 3 malam klo ga salah, itu hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 500rb.

    1. RajaKamar Admin Post author on May 16, 2013 at 1:43 am said:

      Dear Gilar, thanks untuk referensinya, tapi utk harga normal tiket dan segala keperluan di tahun ini, rasanya 500rbu gak mungkin, kecuali mungkin punya saudara di singapore, sehingga tidak keluar biaya utk penginapan maupun makan ;)

  4. prorika shembudi on May 14, 2013 at 2:53 pm said:

    Ide yg sngt menarik skl, tp bgmn ntuk yg sm skl blm prnh ksn, klo blh usul knp bkn raja kamar sj yg mngdakan paket murah ala backpacker, pst akan bnyk peminatny….

      1. Setuju dengan ide Priorika, kalo Rajakamar bisa memfasilitasi paketannya kan jadi lebih enak pas jalan-jalannya ngga pake nyasar terutama buat yang pertama kesana :D

        1. RajaKamar Admin Post author on May 16, 2013 at 1:44 am said:

          Dear Arma, untuk saat ini belum ada nih di rajakamar ;) Coba sendiri ya, soal kesasar, hmmm.. itu salah satu bagian serunya backpacker di negeri orang ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>