Museum La Galigo

By: Rajakamar Admin , 18 June 2012

 

Selain Museum Balla Lompa, ada satu lagi museum yang harus anda kunjungi ketika berkunjung ke kota Makassar, Museum La Galigo. Kata La Galigo dalam nama museum ini diambil dari nama seseorang sastrawan Sulawesi Selatan, beliau juga merupakan cikal bakal raja-raja Makassar atau Sulawesi Selatan. Museum ini berada di Jalan Ujung Pandang No. 1, Makassar, yang resmi dibuka pada tanggal 24 Februari 1974 oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. I.B. Mantra.

Museum yang berada di dalam kompleks Fort Rotterdam ini, menyimpan sekitar 5000 buah catatan sejarah seperti koleksi prasejarah, numismatik, keramik asing, naskah, dan etnografi. Jenis-jenis koleksi etnografi yang tersimpan di museum ini antara lain berbagai jenis hasil teknologi, kesenia, peralatan hidup, serta benda-benda yang pernah dibuat dan digunakan oleh suku Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja.

Museum ini masih terdapat beberapa benda lain seperti benda-benda peninggalan kerajaan lokal (Gowa-Tallo), dan peralatan perang yang digunakan ketika revolusi kemerdekaan. Wisata sejarah ini buka setiap hari dari pukul 08.00-15.30 WITA, dan harga tiket masuknya untuk dewasa dikenakan Rp.3.000 dan Rp.2.000 untuk anak-anak.

(Berbagai Sumber)

Be Sociable, Share!

2 Comment(s) s

  1. Pingback: Museum Balla Lompoa | Ahilnya Hotel Indonesia

  2. Pingback: Wisata Sejarah Kota Makassar | Ahlinya Hotel Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>