Ngarai Sianok, Bukittinggi

By: Rajakamar Admin , 21 September 2012

Sumber Gambar: ba2212z.blogspot

Obyek wisata menarik di Bukittinggi bukan hanya Jam Gadang, karena ada satu lagi obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Ngarai Sianok. Lembah yang juga dikenal dengan nama Lembah Pendiang ini sangat indah, subur, dan hijau.

Sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah  tebing terdapat di dasar lembah. Ngarai Sianok merupakan jurang (lembah curam) yang bisa Anda temui di perbatasan kota Bukittinggi dengan kecamatan IV Koto, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat.

 Sumber Gambar: bukittinggiminangwisata.blogspot

Dengan pemandangan alam yang sangat indah, Ngarai Sianok menjadi salah satu obyek wisata utama provinsi Sumatera Barat, provinsi yang terkenal dengan kuliner rendang. Ngarai Sianok mempunyai kedalaman sekitar 100 meter dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar yang mencapai sekitar 200 meter.

Ngarai ini merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi Patahan Semangko (dua bagian memanjang). Patahan tersebut membentuk seperti dinding yang curam, bahkan bisa dibilang tegak lurus dan membentuk lembah yang subur dan hijau.

 Sumber Gambar: es.wikipedia

Sungai yang ada di dasar lembah yang bernama Batang (Sungai) Sianok bisa Anda arungi dengan menggunakan kayak atau kano. Anda bisa memulai menempuh dari desar Lambah sampai dengan desa Sitingkai Batang Palupuh dengan lama perjalanan selama 3,5 jam.

Di tepian Batang Sianok Anda bisa menyaksikan beberapa tumbuhan langka, salah satunya adalah Raflesia, dan beberapa tumbuhan obat. Selain flora, beberapa fauna seperti monyet ekor panjang, simpai, rusa, siamang, babi hutan, macan tutul, serta tapir juga menghuni kawasan tersebut.

(Berbagai Sumber)

Be Sociable, Share!

1 Comment(s)

  1. Pingback: Museum Rumah Bung Hatta | Ahlinya Hotel Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>