Perkenalkan Mie Gomak, Mie-nya Orang Batak

By: RajaKamar Admin , 19 June 2013

Jika orang Aceh boleh berbangga dengan Mie Acehnya yang sudah tenar dimana-mana, maka perkenalkanlah pendatang baru di dunia per-mie-an yaitu “mie gomak”, mie-nya orang Batak. Tepatnya di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, sebuah warung sudah terkenal sejak lama sebagai penjual mie gomak.

Dorman Restaurant, begitu sebutan warung yang konon menjual mie gomak paling enak seantero Samosir ini. Nah, seperti apa yah kira-kira mie gomak yang terletak di Jalan Aek Hangat, Pangururan, Samosir ini?

Mie yang digunakan sebagai bahan baku utama bukannya mie telor yang keriting dan tipis melainkan mie lidi yang diameternya lebih lebar dan lurus seperti spageti. Teksturnya juga sedikit kenyal namun mudah putus bila digigit. Saat dihidangkan mie gomak ini disiram dengan semacam bumbu rendang. Hmm, kedengarannya enak ya. :)

Bumbunya ini terdiri dari merica, jahe, andaliman, kelapa parut disangrai, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah. Buah andaliman adalah bumbu khas yang banyak digunakan dalam masakan Batak. Semua bumbu tersebut ditumis lalu dicampur santan. Saat disiram diatas mie dan disantap rasanya seperti randang namun lebih halus.

Mie gomak ini lebih seru lagi bila disantap dengan telur bebek rebus dan teman makannya adalah kopi Samosir yang nikmat beraroma kayu manis. Satu lagi yang membuat mie gomak ini unik adalah cara memakannya yang langsung pakai tangan. Sebab itu mie ini dinamakan mie gomak.

Sebenernya di Samosir terdapat beberapa warung yang menjual mie gomak. Namun, Dorman Restaurant disebut-sebut sebagai rumah makan yang konsisten dalam menjaga rasa mie-nya sejak tahun 1982. Bahkan penggemar mie gomak ini rela menempuh perjalanan berjam-jam dari daratan Sumatera Utara demi menikmati mie gomak langsung ditempatnya.

Nah, travelers sudah punya satu lagi rekomendasi makan enak di Samosir. Untuk rekomendasi hotel murah di sekitarnya, serahkan saja ke rajakamar.com

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

Related Posts

Leave a Reply

Mari budayakan berkomentar positif, setiap komentar yang bermuatan negatif, berbau SARA, spam, menggunakan bahasa kurang sopan, memicu pertikaian, atau tidak berhubungan dengan artikel terkait tidak akan ditayangkan dalam blog Rajakamar.

Kolom komentar bertujuan untuk berbagi info seputar artikel yang terkait, berbagai ide dan pengetahuan positif dengan pembaca lainnya, menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta menyebarkan semangat positif untuk berbagi.Mari lebih bijak dalam berkomentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan. Field yang wajib diisi diberi tanda *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>