Provinsi Jambi Mempunyai Danau Tertinggi Se-Asia Tenggara

By: Rajakamar Admin , 25 October 2012

sumber gambar: upload.wikipedia

Danau Gunung Tujung yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Kerinci, dengan ketinggian hampir 2 km dari permukaan laut tepatnya 1.950 mdpl membuat danau ini merupakan danau dengan letak paling tinggi seantero Asia Tenggara. Danau ini memiliki luas sebesar 12.000 meter persegi, panjang danau 4.5 km, dan lebar 3 km.

Dinamakan Danau Gunung Tujuh karena terdapat 7 gunung yang mengelilingi danau ini. Terbentuknya danau ini dari kawah akibat letusan gunung yang terisi air berkat hujan turun. Ketujuh gunung yang berada dekat dengan danau ini antara lain Gunung Selasih, Gunung Hulu Sangir, Gunung Lumut, Gunung Madura Besi, Gunung Jar Panggang, Gunung Hulu Tebo, dan Gunung Tujuh. Semua gunung ini berada di atas ketinggian 2.000 mdpl.

sumber gambar: sudutnusantara

Letaknya yang tinggi, membuat danau ini menghasilkan pemandangan yang sangat indah. Warna hijau pepohonan dan jernihnya air laut merupakan paduan alam menakjubkan yang bisa dilihat di tempat ini. Terlihat juga dari pinggir danau kegiatan masyarakat sekitar yang mencari nafkah di tengah-tengah danau.

Wisata alam ini bisa dijadikan sebagai ajang uji nyali dan uji daya tahan tubuh. Jika berani di pagi hari ceburkan tubuh ke dalam air danau, karena pada pagi hari suhu danau ini masih sangat dingin. Di danau ini wisatawan bisa menyewa sampan atau perahu khas daerah Jambi untuk menjelajahi danau ini dari atas air.

sumber gambar: 3.bp.blogspot

Untuk mencapai ke danau ini dari kota Jambi, wisatawan perlu menuju ke Taman Nasional Kerinci Seblat yang telah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Dari Taman Nasional Kerinci Seblat menuju danau ini kira-kira 2 hingga 3 jam perjalanan. Tergantung dari jalur yang ditempuh.

Karena terdapat 2 jalur yang bisa dilalui untuk mencapat tempat wisata alm ini, jalur yang pertama terdiri dari tanjakan curam tapi memiliki jarak yang lebih singkat dibandingkan dengan jalur kedua yang jalurnya lebih condong namun jarak yang ditempuh untuk mencapai danau tertinggi di Asia Tenggara lebih jauh.

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

5 Comment(s) s

  1. Pingback: Yummy! Goyang Lidah dengan Kuliner Malang | makanenak.info

  2. Pingback: Hotel Recommended di Jambi | Ahlinya Hotel Indonesia

  3. Pingback: Menyaksikan Pelangi Terbetang di Air Terjun Telun Berasap Jambi | Ahlinya Hotel Indonesia

  4. Pingback: Menikmati Suasana Kota Jambi dan Danau Sipin dari Shang Ratu Hotel Jambi | Ahlinya Hotel Indonesia

  5. Pingback: 4 Hotel Rekomendasi Sebagai Akomodasi Berlibur Dan Pejalanan Bisnis di Kota Jambi | Ahlinya Hotel Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>