Pulau Beras Basah, Putih yang Syahdu di Timur Utara Indonesia

By: RajaKamar Admin , 11 February 2013

Image : mdkhai – flickr

Namanya unik. Beras basah. Hmm, ternyata ada sejarahnya loh kenapa dinamai seperti itu. Beras Basah berasal dari cerita tentang seorang Nahkoda dengan kapalnya yang diterjang ombak besar.  Kapalnya ini mengangkut ton-an beras. Ketika akhirnya menemukan pulau di timur Kalimantan, si Nahkoda menumpahkan berasnya ke seluruh penjuru pulau yang luasnya tidak lebih dari 2 kali dari lapangan bola.  Jadilah si pantai menjadi hamparan putih seperti butiran beras yang tersebar. Nah karena luasnya yang tidak besar, si Pulau bisa dikelilingi dengan jalan kaki hanya dalam waktu 10 menit. :)

Keindahan pantai ini tidak ada duanya. Cocoklah buat keluarga, bersama teman-teman, pasangan atau single fighter yang ingin mencari ketenangan dari suasana yang berbeda.  Airnya seperti perawan, jernih menembus dasarnya dengan kapabilitas mata telanjang.  Di pantai kita bisa menemui habitat pantai dengan mudah, seperti ikan-ikan kecil dan tumbuhan laut.

Garis lengkung pantai yang kecoklatan berpadu dengan biru kehijauan air pantai dan putih bersihnya hamparan pantai yang luas.  Belum lagi dengan warna solid biru langit seakan menyempurnai keindahan Pulau Beras Basah.

Cara Ke Pulau Beras Basah

Untuk menuju ke sini pertama Travelers harus menuju ke Bontang.  Penerbangan ke Bontang dari Balikpapan memakai pesawat baling-baling. Dari sini saja sudah berasa petualangannya. Sensasi naik pesawat baling-baling beda lho dengan naik pesawat biasa. Vibrasi-nya lebih tokcer. :) Biaya sewa pesawat berkisar Rp 800rb sampai Rp 1 juta per pesawat. Nah dari Bontang ini, travelers bisa menju tempat perkapalan nelayan, dengan menyewa satu kapal yang bisa memuat 13 sd 18 orang. Biaya per orang sekitar Rp 30 ribu sd Rp 50 ribu. Jangan lupa bawa makanan sendiri ya kalau ke Pulau Beras Basah, karena saking terpencilnya di pulau ini tidak ada yang jualan makanan lho. Untuk urusan hotel atau penginapan, travelers bisa memilih hotel murah di Balikpapan yang disediakan oleh RajaKamar :)

Tunggu apa lagi? Yuk jelajahi dong si Pulau Beras Basah! biar tambah komplit koleksi petualangan Indonesia-nya. :)

 

(berbagai sumber)

 

 

 

 

Be Sociable, Share!

Related Posts

Leave a Reply

Mari budayakan berkomentar positif, setiap komentar yang bermuatan negatif, berbau SARA, spam, menggunakan bahasa kurang sopan, memicu pertikaian, atau tidak berhubungan dengan artikel terkait tidak akan ditayangkan dalam blog Rajakamar.

Kolom komentar bertujuan untuk berbagi info seputar artikel yang terkait, berbagai ide dan pengetahuan positif dengan pembaca lainnya, menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta menyebarkan semangat positif untuk berbagi.Mari lebih bijak dalam berkomentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan. Field yang wajib diisi diberi tanda *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>