Pulau Siladen, Surga Tersembunyi di Manado.

By: RajaKamar Admin , 14 November 2013

Bunaken, siapa yang tidak mengenal keindahan dari Manado? Pasti Travelers semua setuju jika Manado memiliki alam bawah laut yang luar biasa menakjubkan. Ternyata, Manado tidak hanya punya Bunaken yang bisa kita kunjungi dan nikmati. Terdapat beberapa pantai dan juga pulau yang mestinya kita kunjungi saat ke Manado, salah satunya Pulau Siladen.

Pulau Siladen yang ada di sebelah timur laut Pulau Bunaken, adalah satu dari lima pulau di kawasan Taman Nasional Bunaken di Manado, Sulawesi Utara yang mempunyai luas 31,25 ha. Dari sedikit info yang saya dapat menurut sejarah nama Siladen ini mempunyai arti ‘Kandas’, dan ceritanya pada zaman dahulu ada sebuah kapal yang dipergunakan orang Sangihe yang sedang mengadakan perjalanan, mengalami kecelakaan dan kandas di pulau tersebut. Akhirnya, pulau di dekat lokasi kandasnya kapal sampai sekarang bernama Siladen.

Untuk mencapai Pulau Siladen tentunya hanya tersedia transportasi laut saja. Kita bisa menggunakan kapal umum yang biasa ke Pulau Siladen dan sudah terjadwal yaitu berangkat ke Siladen sekitar jam 1 sampai 3 siang dan balik ke Manado sekitar jam 9an pagi dari Pulau Siladen, tentunya ongkosnya lebih murah dari pada sewa kapal sendiri. harga yang ditawarkan dari Rp 750.000,- sampai satu juta untuk ke Bunaken, belum ke Siladen yang lebih jauh katanya harus nambah Rp 200.000,-

Tempat ini tidak hanya merupakan tempat diving yang bagus bagi penyelam perpengalaman, tetapi juga merupakan tempat snorkeling yang nyaman untuk siapa saja. Karena pulau ini mempunyai hamparan pasir putih yang bersih, sedangkan kondisi dalam airnya tidak terlalu banyak terumbu karang dan didominasi dengan pasir, sehingga sangat cocok untuk berenang.

Disini banyak sekali berdiri resort-resort mewah yang terjaga rapi, sehingga jika di Bunaken yang terkenal dengan keindahan dalam lautnya, sedangkan kalau di pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainya, dan para wisatawan lebih suka untuk berjemur di pantai ini.

Sampai di Pulau Siladen wisatawan akan mendapat sambutan yang hangat oleh penduduk sekitar pulau karena selain memiliki keindahan alam yang khas, juga kehidupan masyarakat pulau Siladen yang cukup unik. Mereka sangat bersahaja dan sangat ramah kepada para pengunjung.

Makanan di Manado pun beragam, dari yang seperti biasa hingga yang ekstrim. Ketika ke Manado, jangan lupakan Rajakamar, dan pesan hotelnya ya!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>