Seni dan Budaya Khas Banten

By: Rajakamar Admin , 11 May 2012

Banten memiliki keunikan seni dan budaya yang sering dilibatkan pada acara-acara penyambutan atau waktu-waktu tertentu. Bila memiliki informasi mengenai jadwal acara di daerah Banten, tidaklah rugi untuk wisata seni budaya ke tempat ini. Berikut beberapa seni dan budaya asal Provinsi Banten:

Rampak Bedug

Kesenian ini merupakan satuan instrumen berupa perkusi, yang diramaikan suara bedug dengan berbagai ukuran. Ada empat bedug diikat kain yang dipukul oleh pemain yang berdiri di hadapan bedug tersebut. Dipinggirnya, kelompok musik menimpali dengan bedug berbagai ukuran. Sesekali para penabuh bedug mengeluarkan suara-suara yang membuat atraksi mereka terlihat penuh semangat. Tari rampak bedug Banten dimainkan secara masal atau tepatnya melibatkan banyak pemain.

Bendrong Lesung

kesenian ini tumbuh dan berkembang secara turun menurun di masyarakat setempat hingga saat ini. Awalnya kesenian ini hanyalah tradisi masyarakat dalam menyambut panen raya. Di daerah lainnya juga biasanya memiliki tradisi seperti ini, penyambutan untuk hal-hal yang dianggap baik bagi masyarakat. tujuan Bendrong Lesung untuk mengungkapkan kebahagiaan atas usaha yang dilakukan dan pada akhirnya membuahkan hasil bagi masyarakat. Bendrong Lesung dilakukan beberapa penari perempuan dengan menggunakan kebaya dan kain. Masing-masing penari membawa lesung dan melakukan ketukan secara bergantian hingga menghasilkan suara seperti musik yang kedaerahan.

Debus

Debus adalah seni pertunjukan yang memperlihatkan permainan kekebalan tubuh terhadap pukulan, tusukan, dan tebasan benda tajam. Dalam pertunjukanya, debus banyak menampilkan aktraksi kekebalan tubuh sesuai dengan keinginan pemainnya. Pada masa pemerintahan sultan ageng tirtayasa sekitar abad ke-17 ( 1651-1652), debus difokuskan sebagai alat untuk membangkitkan semangat para pejuang dalam melawan penjajah. Pada perkembangan selanjutnya, debus menjadi salah satu bagian ragam seni budaya masyarakat banten sehingga kesenian ini banyak digemari oleh masyarakat sebagai hiburan yang langka dan menarik di banten, permainan debus berkembang di kabupaten lebak, pandeglang, kota cilegon dan kota serang.

(Berbagai Sumber)

Be Sociable, Share!

3 Comment(s) s

  1. Pingback: Asal Usul Kesenian Debus | Ahlinya Hotel Indonesia

  2. Pingback: Wisata Sejarah di Kota Banten | Ahlinya Hotel Indonesia

  3. Pingback: Mengenal Kampung Seni Yudha Banten Lebih Dekat | Ahlinya Hotel Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>