Ssst, Ikuti Cara Ini Agar Hemat Selama Liburan di Bali

By: RajaKamar Admin , 29 April 2013

Bila mendengar seorang teman yang berlibur ke Bali, anggapan pertama kita adalah sebuah liburan mewah dan mahal. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar loh. Ada beragam cara yang bisa kita lakukan agar liburan ke Bali bisa hemat dan menyenangkan.

Dengan mengetahui tips hemat dibawah ini, pengeluaran terbesar untuk liburan di budget transportasi, akomodasi/penginapan dan konsumsi atau makanan bisa diminimalisir. Nah, jika sudah mengetahui tips dibawah ini, liburan murah meriah ke Bali, bukan lah mission imposible. J

1. Perencanaan yang matang. Persiapkan rencana liburan travelers sejak jauh-jauh hari, 3 bulan sebelumya bahkan jika memungkinkan 1 tahun sebelumnya. Mengapa? Harga tiket pesawat murah bisa travelers dapat kan bila dipesan jauh-jauh hari. Ketahui juga penerbangan malam di hari Selasa – Kamis juga lebih murah dibanding hari lainnya.

Buat juga itinerary perjalanan serta perkiraan budgetnya seperti lama menginap, rekomendasi hotel murah, transportasi selama di Bali, dan sebagainya. Bila anda budget travelers bisa meminta bantuan “mbah Google” untuk menemukan paket-paket low-budget-holiday dari kantor kantor jasa tur lokal Bali yang menyediakan paket lengkap transportasi dan penginapan.

2. Jangan berlibur di musim liburan. Travelers yang bekerja kantoran biasanya memanfaatkan musim liburan tanggal merah di kalender. Sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan, jika tidak semua perencanaan yang sudah matang anda buat tidak akan berlaku karena semua harga akomodasi, transportasi, makanan bahkan oleh-oleh bisa naik 2 kali lipat dari harga biasa.

3. Pilih penginapan. Selain murah, jika memungkinkan pilih yang letaknya dekat dengan lokasi wisata. Sebagai referensi pilih penginapan di kawasan Poppies Lane yang terkenal murah dengan harga kamar sekitar 200 ribu – 500 ribu rupiah per malam. Bahkan jika berencana menginap 3 hari berturut-turut harga kamar bisa dinego. Selain Poppies Lane, travelers bisa memilih Denpasar yang juga banyak terdapat hotel murah.

4. Sewa motor lebih murah. Di Bali jumlah angkutan umum seperti angkot dan bus tidak sebanyak di Jawa. Apalagi jika malam tiba, yang ada hanyalah  taksi yang tentu saja tarifnya lebih mahal dari kendaraan umum biasa. Jika hanya untuk jalan-jalan dalam kota atau ke tempat wisata yang tidak begitu jauh, travelers bisa menyewa sepeda motor matic dengan kisaran harga 50 ribu – 100 ribu per hari. Di Jalan Legian banyak sekali rental motor atau mobil dengan harga bersaing.

5. Makanan. Sebaiknya pilih hotel yang sudah termasuk sarapan pagi agar lebih hemat. Paket tur lokal biasanya juga hanya menyediakan makan 1 kali (makan siang atau makan malam). Jadi ada saat dimana travelers harus mencari makan sendiri di luar. Biasanya restoran-restoran sekitar hotel atau tempat wisata harganya bisa menguras kantong. Cari kedai-kedai rumahan atau warung-warung kecil di kampung untuk menu makan rumahan yang terjangkau harganya.

6. Obyek wisata dan berbelanja. Untuk tempat-tempat yang ingin travelers kunjungi, biasanya paket tur lokal bersifat fleksibel. Artinya, travelers bebas memilih tujuan mau kemana saja. Misalnya, travelers tidak berniat membeli aksesoris emas dan perak atau lukisan dan patung, coret saja kunjungan ke pusat kerajinan seperti itu. Minta biro tur untuk menggantinya dengan yang lebih sesuai minat.

Bila travelers tidak menggunakan biro jasa tur, datang saja ke beberapa pantai di Bali yang gratis biaya masuk, hanya donasi untuk pemeliharaan saja. Nah, tidak mungkin kan jauh-jauh ke Bali tapi tidak membeli oleh-oleh. Datang saja ke pasar-pasar seni tradisional yang memungkinkan travelers untuk menawar harganya, seperti Pasar Seni Sukowati, Pasar Seni Tanah Lot dan Pasar Kumbasari.

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>