Tugu Malang, Ikon Bersejarah di Kota Malang

By: RajaKamar Admin , 15 July 2013

Image : halomalang

Berwisata di Kota Malang tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat bersejarah yang penting di kota ini. Keberadaan monumen yang satu ini sudah menjadi ikon kota Malang yang terkenal karena keasriannya serta keindahannya saat malam hari. Keberadaannya yang mudah ditemui sangat sayang bila dilewatkan. Ini dia Tugu Malang.

Tugu Malang berada di depan Balai Kota Malang, Hotel Tugu dan berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Kota Baru, dan juga berdekatan dengan Alun-alun kota, jadi cukup mudah untuk mencapainya. Saat tiba di depannya, anda akan melihat banyak wisatawan yang juga sangat tertarik dengan landmark bersejarah kebanggaan warga Malang yang satu ini.

Tidak hanya sekedar landmark biasa, Tugu Malang dikaruniai juga dengan pemandangan pohon-pohon rindang yang sangat asri. Keasriannya semakin menarik dengan adanya kolam serta bunga-bunga teratai berwarna merah dan putih yang bermekaran di atasnya.

Dulunya tugu ini dibangun untuk memperingati kemerdekaan RepublikIndonesiadimana peletakan batu pertama untuk pembangunannya dilaksanakan pada 17 Agustus 1946. Ketika pembangunan monumen sebagai simbol semangat kemerdekaan masyarakat Malang ini hampir selesai, terjadi Agresi Militer Belanda I.

Belanda yang mengetahui pembangunan tugu sebagai simbol semangat kemerdekaan rakyat Malang ini marah dan merusak monumen tersebut pada 23 Desember 1948, hingga tinggal puing-puing saja. Meski begitu, semangat juang rakyat Malang yang tinggi membuat tugu ini kembali dibangun pada 9 Juni 1950 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1953.

Yuk, telusuri terus wisata menarik di Kota Malang serta berburu oleh-oleh kuliner khas Malang. Menginap di kota Malang, pilih hotel murah di Malang hanya di rajakamar.com atau hubungi call center Rajakamar di 500012 atau 021500012 dari ponsel.

(berbagai sumber)

 

Be Sociable, Share!

Related Posts

Leave a Reply

Mari budayakan berkomentar positif, setiap komentar yang bermuatan negatif, berbau SARA, spam, menggunakan bahasa kurang sopan, memicu pertikaian, atau tidak berhubungan dengan artikel terkait tidak akan ditayangkan dalam blog Rajakamar.

Kolom komentar bertujuan untuk berbagi info seputar artikel yang terkait, berbagai ide dan pengetahuan positif dengan pembaca lainnya, menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta menyebarkan semangat positif untuk berbagi.Mari lebih bijak dalam berkomentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan. Field yang wajib diisi diberi tanda *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>