Ukiran Kayu Suku Asmat Yang Menawan

By: Rajakamar Admin , 15 June 2012

Selain memiliki lokasi wisata alam yang menakjubkan, seni budaya suku-suku yang ada di Papua juga menarik untuk diketahui. Salah satunya adalah seni yang dimiliki oleh Suku Asmat. Suku yang terkenal asal Papua ini memiliki hasil ukiran kayu yang unik. Nilai lebih yang dipunyai hasil kayu ini adalah motif yang bagus dan tingkat kerumitannya yang tinggi. Walaupun alat yang digunakan untuk membuat hasil kerajinan tersebut masih sederhana atau tradisional.

Untuk menciptakan ukiran kayu yang sudah terkenal sampai ke luar negri ini, pada awal pengrajin suku asmat menggunakan kapak batu untuk membuat bentuk yang diinginkan. Langkah selanjutnya, menggunakan taring babi atau gigi ikan untuk menghaluskan. Tidak hanya menghasilkan ukiran kayu yang tinggi tingkat kerumitannya, banyak yang mengatakan bahwa ukiran kayu khas suku asmat itu antik dan elegan.

Ada tiga warna yang digunakan untuk mewarnai hasil ukiran kayu, yakni merah, hitam, dan putih. Warna merah menurut suku asmat melambangkan daging, warna hitam melambangkan warna kulit suku asmat, dan warna putih melambangkan tulang. Kerajinan ukiran kayu merupakan oleh-oleh khas papua, jika Anda ingin melihat pembuatannya secara langsung bisa mengunjungi Kabupaten Asmat, suku asmat juga bisa ditemukan di daerah Teluk Flamengo, Teluk Cook, atau pantai sebelah barat daya Papua .

(Berbagai Sumber)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>