Wisata Edukasi di Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah

By: RajaKamar Admin , 30 April 2013

Liburan merupakan hari yang ditunggu-tunggu keluarga, tak terkecuali sang buah hati. Santai sejenak dari rutinitas untuk diisi dengan hal-hal yang menyenangkan adalah energi untuk melakukan rutinitas di minggu selanjutnya. Liburan juga bisa menjadi sarana belajar sambil bermain untuk anak-anak.

Salah satu tempat yang dapat dikunjungi oleh keluarga di Jakarta adalah Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Disini banyak sekali jenis burung, hingga 312 jenis loh dan semuanya berbentuk sangat indah. Jangankan anak-anak, orang tua pun psati terkagum-kagum melihatnya. Taman Burung ini menjadi salah satu tempat favorit wisata edukasi untuk anak-anak di Jakarta.

Image : jelajahwisata.blogspot.com

Disana, tidak semua burung berada dalam kandang, sebagian malah dibiarkan bebas berkeliaran. Jangan kaget saat travelers menjelajahi taman tiba-tiba dihadang oleh kawanan bebek dan angsa hitam. Bahkan, seekor burung merak pun bisa mendekat seolah ingin mengajak bermain bersama.

Taman Burung di TMII dibagi menjadi dua belahan, Kubah Barat dan Kubah Timur. Kubah paling besar bergaris tengah 68 meter dengan ketinggian 30 meter, sedang yang paling kecil bergaris tengah 20 meter dengan ketinggian 9 meter. Di setiap pinggir kubah dibuat sangkar-sangkar yang menyimpan koleksi burung, sehingga dapat dinikmati dari dalam ataupun luar kubah.

Penataan koleksi burung di taman ini didasarkan zoogeografi atau pola sebaran binatang, sehingga pemilihan tanaman dan pepohonannya pun mengikuti pola ini. Hal ini akan menghasilkan buah-buahan, biji dan pucuk yang dapat menjadi pakan burung sesuai tempat mereka berasal. Koleksi burung di taman ini hampir 99 persen merupakan burung-burung asli Indonesia.

Image : sukafotogallery.blogspot.com

Nah, jika travelers ingin melihat burung-burung cantik berwarna-warni, maka datangi kubah timur yang berisi burung-burung khas Indonesia bagian timur. Sedangkan burung-burung di Indonesia bagian barat memiliki bentuk lebih kecil dari kawan-kawan mereka di Indonesia timur.

Beberapa jenis burung yang menjadi favorit pengunjung disini antara lain, Elang Jawa, Elang Bondol, Cendrawasih, Jalak Bali, Maleo, Rangkong, Beo, Burung Onta, dan Onagadori (ayam dari Jepang ini memiliki ekor yang sangat panjang). Travelers pun bisa berfoto dengan salah satu burung disini dengan cukup membayar Rp.5000/orang per ekor.

Anak-anak pun pasti semangat menjelajahi setiap sudut Taman Burung ini. Mereka dapat beristirahat sejenak di kolam ikan sambil memberi makan ikan sebelum melanjutkan perjalanan ke semua kubah. Makanan ikan dapat dibeli di kafetaria dekat kolam yang juga menjual makanan dan minuman ringan. Serunya memberi makan ikan sambil melihat angsa-angsa hitam dan burung Pelikan yang cantik berenang-renang dengan anggunnya.

Image : tamanmini.com

Bila ingin mengunjungi Taman Burung, sebaiknya datang di pagi hari (buka jam 09.00) karena selain msaih sejuk dan sinar matahari belum terlalu panas, burung-burung aktif berkicau dan terbang kesana kemari mencari makanan. Bila terpaksa harus datang siang, jangan lupa bawa topi atau payung ya.

Setiap hari pukul 10.00 WIB ada sesi pemberian makan burung Pelikan. Sedangkan bila hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional, pada pukul 14.00 WIB ada sesi bermain dengan burung jinak dimana anak-anak bisa memegang dan berfoto bersama burung paruh bengkok, kakak tua bahkan burung predator seperti elang bondol. Nah, bila ingin berfoto dengan para satwa ini, sebaiknya pesan sejak awal kepada petugas di tempat pembelian tiket sehingga mereka bisa menyiapkan tempat dan petugas fotonya :)

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>